Cara mencegah email kita di-hack

Sudah sering kita dengar tentang email yang dihack (dibobol) oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Entah itu email teman atau bahkan email kita sendiri.
Gejala bahwa email kita sudah dihack orang adalah:
- Ada teman yang berkata kalau kita kirim email padanya, padahal faktanya tidak.
- Adanya perubahan tampilan / aktivitas kirim email dari keadaan terakhir saat kita login ke email kita.
- Adanya email terkirim (sent) yang tidak pernah kita buat.

Pernah ada kejadian seorang teman menjadi korban penipuan karena kasus email yang kena hack. Modusnya adalah pembobol berpura-pura meminjam uang atau minta diisikan pulsa pada teman yang lain melalui YM. Teman yang lain ini tidak tahu kalau orang yang menghubunginya melalui YM bukanlah temannya yang sesungguhnya. Akhirnya dia jadi korban penipuan.

Cara paling dasar untuk mencegah email kita dibobol adalah: Jangan pernah mengetikkan password email anda selain ke situs resmi email tersebut.
Maksudnya adalah: Sekarang banyak situs yang menawarkan promo atau free member untuk mengaksesnya. Nah, pada saat anda daftar dan mengisi form pendaftaran, JANGAN MENGETIKKAN PASSWORD EMAIL ANDA DI FIELD PASSWORD. ISIKAN PASSWORD YANG BERBEDA. Pada kenyataannya, ketika kita mengisi form pendaftaran seringkali field password kita isi sama dengan password email kita dengan alasan biar gampang ingatnya karena hanya mengingat password yang sama.

Banyak pembobol (hacker) yang menawarkan promo dan meminta kita mengisi form dengan beberapa field. Yang pasti ada adalah field email dan password. Melalui password yang kita isikan inilah mereka mencoba login email kita. Dan apabila anda mengetikkan password yang sama, maka pasti email anda dapat dibobol.
Sebaiknya jangan banyak-banyak mendaftar ke berbagai situs apalagi bila situsnya tidak jelas. Daftarlah apabila memang penting dan anda yakin pada kredibilitas situs tersebut.

Cara lain mengamankan password email anda adalah dengan melakukan apa yang sudah sering kita dengar:
  • Jangan menggunakan tanggal lahir sebagai password, karena orang yang tahu tanggal lahir anda pasti akan menggunakannya ketika mencoba membobol email anda.
  • Jangan menulis password anda dan menyimpannya secara sembarangan.
  • Gantilah password anda secara periodik.
  • Gunakan kombinasi huruf dan angka. Kalau perlu kombinasi huruf besar dan kecil juga.
  • Jangan memberitahukan password anda kepada siapa pun, kecuali anda berani menanggung resikonya.

Selamat mengamankan email anda!